Sejarah dan Perkembangan PT. Jamu Air Mancur


Perusahaan Jamu Air Mancur pertama kali didirikan oleh L.W. Santoso, Rudi Hendrotanojo, dan Kimun Ongkosandjojo pada tanggal 23 Maret 1963 yang berlokasi di sebuah rumah sewa, tepatnya di kampung Pucang Sawit, Surakarta dengan jumlah karyawan 11 orang. Peralatan yang digunakan masih sangat sederhana dan hampir semua proses dikerjakan secara manual.
Perusahaan ini pada mulanya tidak dikenal sama sekali, karena perusahaan ini didirikan atas modal yang sangat minim, disamping itu juga belum tersedianya alat-alat yang modern untuk mengolah ataupun membuat jamu dari bahan alami. 

Dengan keuletan dan didukung dengan keterampilan serta ketekunan, maka perusahaan ini dapat memperluas usahanya dengan menyewa mesin giling beserta tempatnya yang terletak di sebuah gudang seng, di desa Cubluk, Wonogiri. Perusahaan jamu ini terus mengalami peningkatan dan kemajuan yang sangat berarti, maka pada tanggal 23 Desember 1963 dibentuklah sebuah perusahaan yang berstatus perseroan terbatas (PT) dengan nama PT. Jamu Air Mancur. Akhirnya pada tanggal 1 Januari 1964 segala pusat usaha di Surakarta dipindahkan ke Wonogiri.

Pada tahun 1966 muncul pemberontakan PKI yang hampir saja melumpuhkan usaha PT. Jamu Air Mancur, namun akhirnya L.W. Santoso sebagai pimpinan perusahaan dapat menyelamatkan usaha tersebut dari kehancuran dan bahkan pada tanggal 1969 mampu mengembangkan perusahaan ini dengan membuat perusahaan baru termegah saat itu di jalan Palem 51 Wonogiri, dari tahun ke tahun perusahaan ini mengalami peningkatan jumlah karyawan.

Selain dengan peningkatan jumlah karyawan dari tahun ke tahun, maka pada tanggal1973 dimulailah perlusan pabrik di desa Tegal Rejo, Dagen, Jaten, Palur Kabupaten Karanganyar. Karena mendesaknya keperluan kerja maka pada tanggal 24 Februari 1974 Bapak L.W. Santoso meresmikan pabrik di Palur Karanganyar. Karena terus meningkatnya jumlah permintaan dari konsumen akan produk jamu tersebuat, maka pada tahun 1976 dibuatlah pabrik baru di desa Jajar, Kleco, Surakarta. Pabrik tersebut disediakan untuk kegiatan logistik dan laboratorium pembantu PT. Jamu Air Mancur Palur Solo. Dan sampai saat ini PT. Jamu Air Mancur memiliki 5 unit kerja yaitu :
1. Unit kerja Palur, terletak di desa Tegalrejo, Kecamatan jaten, Kabupaten Karanganyar. Unit ini memproduksi jamu serbuk dan obat luar dalam bentuk padat sekaligus sebagai kantor pusat.
2. Unit kerja Jetis, terletak di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. Unit ini memproduksi kosmetik.
3. Unit kerja Klampisan, terletak di Kecamatan Giriwono, Kabupaten Wonogiri. Unit ini digunakan untuk pengolahan jamu ekstrak.
4. Unit kerja Pelem, terletak di Kabupaten Wonogiri. Unit ini mengolah makanan, minuman dan madu.
5. Unit kerja Celep, terletak di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. Unit ini adalah unit proses pengemasan jamu serbuk dan obat luar dalam bentuk padat.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar